Get Adobe Flash player



Rapat Lanjutan Pembahasan Kebutuhan Produk UMKM untuk Perhotelan NTB, dengan Kemenparekraf

Drs. H. Fathurrahman, M.Si., Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, didampingi oleh Baiq Nelly Yuniarti, AP., M.Si., Sekretaris Dinas, mengikuti secara daring rapat lanjutan terkait pembahasan Kebutuhan produk yang dapat disupply pelaku usaha Parekraf dan persyaratan produk yang ditetapkan oleh Hotel dan Restoran, yang meliputi Quality, Price, Delivery, Payment pada Industri Perhotelan di NTB khususnya Mandalika, Jumat 9 Juli 2021.

Rapat sebelumnya telah terselenggara pada tanggal 1 Juli 2021 antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sejumlah OPD terkait Pemerintah Provinsi NTB, NTB Mall, ITDC, PHRI, serta sejumlah pelaku usaha porhotelan dan UMKM di NTB.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB menyampaikan kesiapannya serta apresiasi kepada Kemenparekraf atas pemilihat NTB sebagai pilot projek kerjasama dalam pemenuhan produk UMKM di perhotelan NTB, serta melibatkan DInas Perdagangan Provinsi NTB dan NTB Mall dalam kurasi gabungan produk-produk UMKM.

"Produk-produk kami di NTB Mall ini sudah mewakili seluruh Kabupaten Kota di NTB sehingga lebih mudah untuk proses kurasi" ungkap Kepala Dinas

Serta mengharapka  percepatan dilaksanakannya proses kurasi dan identifikasi produk-produk UMKM untuk perhotelan yang sudah ada di NTB Mall, sehingga bisa masuk untuk dikerjasamakan.

"Produk UMKM untuk perhotelan sudah banyak ada di kami (NTB Mall) seperti produk untuk perlengkapan makan minum dan kerajinan lainnya, yang InsyaAllah bisa dikerjasamakan dengan hotel-hotel, tinggal bagaimana sekarang kita memulai dengan mempercepat proses kurasi itu" jelas Kepala Dinas

"Di dalam kurasi nanti dapat dibahas juga terkait kualitas, ukuran, dan sebagainya sehingga dapat langsung disesuaikan untuk pemenuhan  standarisasi, serta yang lebih teknis lagi terkait kapasitas produk yang dibutuhkan, sehingga bisa mengukur kapasitas kami di NTb Mall dengan didukung oleh semua UMKM yang ada." tambahnya.

Hal-hal teknis lain seperti aspek pembiayaan, keberlanjutan serta aspek teknis lainnya yang diperlukan akan dibahas lebih lanjut dalam upaya Pemerintah Provinsi NTB dan Kemenparekraf menjembatani produk UMKM NTB dengan Perhotelan NTB.

Senada dengan Kepala Dinas, Sekretaris Dinas Perdagangan Provinsi NTB pun menambahkan bahwa dalam waktu dekat Dinas Perdagangan Provinsi NTB dan NTB Mall akan mempertemukan pihak terkait seperti pelaku UMKM, PHRI, ITDC untuk membicarakan lebih lanjut terkait tindak lanjut pertemuan rapat ini.

"Pada kesempatan ini, mohon perkenan dari pimpinan hotel, apabila besok kami mengundang untuk sama-sama melihat sampel produk dari UMKM-UMKM kami, kemungkinan nanti kita akan langsung ambil di hari Sabtu (10 Juli), karena memang kehadiran pihak hotel ini yang kami harapkan, sehingga kami bisa mendapat feedback langsung terkait dengan produk-produk UMKM kami, sehingga kami pun bisa melakukan pembinaan-pembinaan terhadap beberapa hasil informasi dari pihak hotel, mengenai syarat-syarat dari kualitas UMKM-UMKM kami" jelas Sekretaris Dinas.

Berikut beberapa dokumentasi saat rapat berlangsung pada facebook fanpage Dinas Perdagangan Provinsi NTB

 


Pencarian

Pengunjung

2008051
Today
Yesterday
This Week
This Month
Last Month
All days
134
838
3004
26620
28097
2008051

Your IP: 18.225.92.116
Server Time: 2024-10-24 02:39:18

Kalender

October 2024
SMTWTFS
12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031