Get Adobe Flash player



Kolaborasi Disdag NTB dengan Kemenkumham NTB terkait HAKI

Selasa 30 Mei 2023

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB B.Nelly Yuniarti,AP, M.Si memenuhi undangan Kemenkumham Kanwil NTB , didampingi Kepala UPTD BP3UD dan Kepala Seksi Pemasaran. Kunjungan Kepala Dinas diterima oleh Kepala Bidang Perlindungan Hukum Puan Rusmayadi,SH,MH dan bapak Erick Christian Fabrian Siagian, SH dari Ditjen HAKI Kemenkumham RI yang sedang melakukan tugas kedinasan untuk memberikan sosialisasi kepada jajaran Kemenkumham Kanwil NTB berkaitan dengan pelayanan dan prosedur pengurusan HAKI.

Pada kesempatan ini Kadis Perdagangan menyampaikan bahwa Dinas Perdagangan ini adalah sisi hilir pemasaran semua produk yang dihasilkan dari segala penjuru baik itu hasil pertanian, perkebunan, perikanan, industrialisasi untuk menemukan pasar. UMKM sangat berharap produk-produk mereka dapat dipasarkan dan memberikan omzet yang diharapkan. Disisi lain pasar juga sangat menuntut kualitas produk-produk UMKM termasuk kepastian dari sisi legalitas. Dinas Perdagangan yang memang bersentuhan secara langsung dengan produk-produk UMKM berperan aktif dan agresif untuk memasarkan produk-produk UMKM yang telah memenuhi syarat ketentuan hukum agar dapat terlindungi dari potensi masalah yang mungkin muncul, salah satunya dengan Haki, khususnya merek. Kepala Dinas juga berharap dapat dilakukan Perjanjian Kerjasama dengan Kemenkumham Kanwil NTB untuk dapat memberikan akses yang lebih mudah bagi UMKM mengurus Haki bagi produk-produk yang dihasilkan dan dipasarkan.

Kemenkumham NTB mengapresiasi dan menyambut baik kunjungan Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB beserta jajarannya dan sangat berharap kerjasama ini terjalin lebih baik lagi. Kabid Perlindungan Hukum menyampaikan bahwa Dinas Perdagangan memiliki potensi UMKM yang menjadi konsen bagi Kemenkumham khususnya di NTB, apalagi dengan dicanangkannya tahun 2023 sebagai tahun merek,harapannya UMKM NTB dapat memanfaatkan tahun ini untuk lebih konsen dan komitmen mengurus Haki-nya demi perlindungan hukum bagi produk dan usaha UMKM NTB.

Pertemuan dilanjutkan dengan kunjungan Kemenkumham Kanwil NTB beserta jajarannya ke NTB MALL, untuk dapat melihat secara langsung produk-produk UMKM NTB sehingga mendapat gambaran secara nyata,bahwa potensi pembinaan, pendampingan bagi UMKM NTB khususnya untuk penerbitan Haki harus lebih dilakukan secara bersama - sama dan lebih masif.

Dari pertemuan ini akan ditindaklanjuti beberapa hal yaitu

1. PKS antara Dinas Perdagangan dan Kemenkumham Kanwil NTB.

2. Sharing data UMKM yang produknya dipasarkan di NTB MALL yang belum memiliki HAKI.

3. Sosialisasi untuk UMKM yang produknya dipasarkan di store NTB MALL tentang Haki.

4. Kolaborasi pada kegiatan - kegiatan Dinas Perdagangan Provinsi NTB dan Kemenkumham Kanwil NTB yang melibatkan UMKM agar sosialisasi pentingnya perlindungan hukum melalui Haki lebih difahami oleh UMKM.

UMKM BERJAYA NTB GEMILANG


Pencarian

Pengunjung

2008409
Today
Yesterday
This Week
This Month
Last Month
All days
492
838
3362
26978
28097
2008409

Your IP: 3.133.109.38
Server Time: 2024-10-24 10:25:12

Kalender

October 2024
SMTWTFS
12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031