Selamat Datang di Dinas Perdagangan NTB Official Website
Selamat Datang di Dinas Perdagangan NTB Official Website
Sebagai salah satu upaya penerapan strategi promosi ekspor sebagai bagian dari pengembangan demand side (sisi permintaan), pada tanggal 29 Juli 1982, pemerintah telah mendirikan kantor ITPC yang didasarkan pada Surat Keputusan Besama (SKB) No. SKB.1016/OR/VII/82/01. Indonesia trade Promotion Centre didirikan atas rekomendasi International Trade Center (ITC) agar dibentuk kantor perwakilan diluar negeri sebagai perpanjangan tangan dari Badan Pengembangan Ekspor Nasional. ITPC didirikan guna mengintensifkan terobosan pasar, membuka jaringan hubungan dagang, memfasilitasi dunia usaha dalam kegiatan promosi dan pemasaran diluar negeri.
Sejak tahun 2000 Badan Pengembangan Ekspor Nasional (sekarang Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional) Kementerian Perdagangan RI telah mengaktifkan kembali ITPC di 9 (sembilan) kantor ITPC yaitu Osaka-Jepang, Los Angeles-Amerika Serikat, Dubai-UEA, Budapest-Hongaria, Johannesburg-Afrika Selatan, Sao Paulo-Brazil, Sydney-Australia, Milan-Italia dan Hamburg-Jerman. Sedangkan pada tahun 2008 ini telah didirikan 11 kantor ITPC baru diberbagai benua , antara lain Barcelona-Spanyol, Busan-Korea Selatan, Chicago-Amerika Serikat, Chennai-India, Jeddah-Arab Saudi, Lagos-Nigeria, Lyon-Perancis, Mexico City-Meksiko, Shanghai-China, Santiago-Chile, dan Vancouver-Kanada.
Pengaktifkan kembali ITPC telah berhasil mendorong kunjungan pembeli ke Indonesia, menyelenggarakan pameran/promosi produk Indonesia di Show Room ITPC dengan mengundang pengusaha setempat, menghubungkan pembeli dengan pengusaha Indonesia (trade inquiries) dan mendiseminasikan informasi peluang-peluang pasar luar negeri baik melalui surat, email mupun secara langsung di daerah-daerah.
Apa yang dapat diharapkan dengan adanya ITPC?
Keberadaan ITPC merupakan kebijakan strategis dari Kementerian Perdagangan RI Cq. Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional untuk meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global. Selain itu, melalui ITPC diharapkan dapat mempercepat penerobosan pasar dan untuk meningkatkan jumlah negara tujuan ekspor Indonesia. Untuk itu, ITPC telah melakukan berbagai kegiatan strategis antara lain:
1. Turut berpartisipasi pada ajang promosi termasuk pameran dagang internasional yang dilaksanakan dinegara akreditasi.
2. Mengatur pertemuan bisnis antara buyer potensial dengan eksportir indonesia.
3. Untuk pelayanan informasi ekspor, ITPC menyusun berbagai analisa pasar, market intelegence, market briefs, profil negara, dan profil importir dan eksportir.
4. Memberikan pelayanan inquiries baik yang berasal dari importir maupun eksportir.
5. Menyelenggrakan mini display untuk produk Indonesia, yang biasanya ditempatkan showroom kantor ITPC.
6. Untuk memperluas jejaring kerja, ITPC juga melakukan berbagai kerjasama perdagangan dengan KADIN setempat, Asosiasi Perdagangan Dunia, Kantor Promosi, dan institusi promosi dan perdagangan lainnya.
7. Untuk memperkenalkan keberadaan ITPC diberbagai negara setempat dan mempromosikan produk Indonesia, ITPC juga melakukan berbagai kegiatan Public Relation antara lain dengan mendistribusikan catalog produk, brosur, dan memasang media promosi diberbagai media cetak.
Dinas Perdagangan NTB - Copyright . All rights reserved.