Selamat Datang di Dinas Perdagangan NTB Official Website

Senin-Kamis: 07:30 - 16:00 & Jumat: 07:30 - 17:00
Media Sosial:
Dinas Perdagangan NTB-logo
DISDAG NTB
by admin
30 Mei 2023
15x dilihat

Sosialisasi Perlindungan Konsumen Dalam Rangka Memperingati Harkonas 2023

dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya:

Kebijakan dan Peran Serta Daerah Dalam Mewujudkan Perlindungan Konsumen Demi Penguatan Ekonomi oleh Baiq Nelly Yuniarti, AP.,M.Si Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB serta beberapa Narasumber yang kompeten dibidang masing-masing antara lain OJK, BPSK dan Disperindag Kab Lombok Tengah.

Sosialisasi Perlindungan Konsumen dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB Baiq Nelly Yuniarti, AP.,M.Si. Dalam sambutannya Baiq Nelly mengatakan bahwa Harkonas bertujuan untuk memasifkan arti pentingnya hak dan kewajiban kepada konsumen. Konsumen Indonesia diharapkan semakin sadar akan hak dan kewajibannya untuk menentukan pilihan terbaik serta memiliki nasionalisme tinggi untuk membeli produk dalam negeri sehingga dapat meningkatkan Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK).

Selain itu kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan literasi keuangan di era digital yang terus berkembang saat ini. Perlindungan konsumen di era digital menjadi hal yang penting karena saat ini masyarakat dapat melakukan transaksi perdagangan barang/jasa dengan menggunakan teknologi digital.

Adapun peserta sosialisasi ini melibatkan unsur Masyarakat umum/komunitas, Mahasiswa, Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Lombok Tengah, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lombok Tengah, Para Pelaku Usaha PKL/UMKM.

Permasalahan yang dihadapi konsumen tidak hanya sekedar bagaimana memilih barang/jasa, tetapi jauh lebih kompleks dari itu yang menyangkut pada kesadaran semua pihak, baik pengusaha, pemerintah maupun konsumen itu sendiri tentang pentingnya perlindungan konsumen. Pengusaha perlu menyadari bahwa pengusaha harus menghargai hak-hak konsumen, memproduksi barang dan jasa yang berkualitas, aman untuk digunakan atau dikonsumsi, mengikuti standar yang berlaku dengan harga yang sesuai.

Mengakhiri sambutannya Baiq Nelly berharap konsumen di Nusa Tenggara Barat kedepannya memiliki informasi dan pengetahuan yang cukup, khususnya pada tahap sebelum dan pasca membeli sehingga IKK dapat naik ke level yang lebih baik lagi. (julastri rondonuwu)

Share: